Bagi yang terbiasa jual beli online, pasti tak asing dengan Kaskus.
Website yang awalnya forum online ini kini berkembang menjadi platform
e-commerce terbesar di Indonesia. Kaskus yang didirikan Ken Dean
Lawadinata dan Andrew Darwis ini sudah digunakan 40 juta orang dengan
600 juta pageview per bulan.
Pihak Kaskus sendiri mengklaim jika membernya sudah menembus 5,6 juta
member yang terdaftar dan lebih dari 400 komunitas. Data statistik itu
dirilis pada Mei tahun lalu. Itu artinya Kaskus sudah menjelma menjadi
forum jual beli terbesar di Indonesia yang mempertemukan jutaan penjual
dan pembeli. Pendek kata, Kaskus menjadi ‘pasar’ yang mempertemukan
orang yang menjual barang dan yang berniat membeli. Karena punya
populasi yang besar, Kaskus juga menjadi media efektif mengiklankan
barang dan jasa.
Aktif di Kaskus bisa menjadi cara untuk menjual maupun mempromosikan
produk lewat postingan. Bisa gratisan dan ada pula yang berbayar. Pada
hakekatnya, banyaknya pengguna Kaskus merupakan target pasar yang bisa
dimaksimalkan untuk menjual produk dan jasa. Tentunya sebelum bisa aktif
mesti daftar dulu.
Pengelola Kaskus sudah merencanakan forum jual beli ini bakal menjadi
marketplace yang mirip dengan ebay. Yang disebut terakhir ini sudah
dikenal sejagad sebagai marketplace terbesar dengan pemain-pemain partai
besar.
Nah, Kaskus rencananya akan mirip-mirip dengan ebay. Kemungkinan pula
bakal ada fitur lelang seperti yang ditemukan di ebay. Biar transaksi
makin mulus, Kaskus pun juga akan menyodorkan layanan pembayaran online
yang disebut KasPay. Dari informasi, perubahan Kaskus menjadi
marketplace baru ini bakal dirilis akhir tahun ini.
Dari penjelasan itu, sayang kalau tak memaksimalkan Kaskus sebagai cara
mencari uang lewat internet. Kaskus yang awalnya sekadar forum online
sudah bergeser menjadi forum jual beli yang sangat efektif. Dibanding
marketplace yang ada di Indonesia, Kaskus tetap yang dianggap favorit.
Apalagi belanja online sudah menjadi tren belakangan ini. Selain itu,
situs jejaring sosial turut mempengaruhi perkembangan e-commerce di
Indonesia. Layanan sosial seperti facebook dan forum kaskus
(kaskus.com) dijadikan sebuah marketplace. Dalam proses jual beli yang
lakukan di layanan tersebut mereka juga melakukan berbagai sistem
penjualan umum yang sering digunakan namun masih dilakukan dengan
seadanya dan tidak sistematisSumber : Blog Duit Pintar

0 komentar:
Posting Komentar